so, it's been a long time
super long time
since i've written the last post
dan sekarang banyak yang berubah dari diri gue
dari segala sisi
dan kali ini gue pengen cerita tentang pengalaman gue yang paling berharga,
ikut KOMPEK
hm, bagi kalian yang gatau kompek itu apa, kompek itu Kompetisi Ekonomi diadain sama FEB UI, acaranya seru bgt kok, parah.
gue jadi wakil dari SMAN 3 JAKARTA, cabang ERP (Economic research paper) dengan tema besarnya itu pemberdayaan manusia di abad 21 buat hadapin bonus demografi
dan sekarang gue bakal ceritain segala sesuatu tentang kompek
dimulai dari hari dimana ditawarin lomba kompek
kak ian (pembimbing&alumni 3) masuk ke kelas gue, dan dia nawarin ke kelas gue, satusatunya kelas 11 yang ditawarin ikut, karena kelas gue sih katanya kelas unggulan hm. Tawarannya lumayan menggiurkan kalo menang, bisa masuk ui fakultas apapun, super duper wow.
Akhirnya gue ikut. daftar sama rein&john. waktu itu gue daftar cabang EQ (economic quiz) dan ERP.
kenapa gue daftar EQ, karena waktu itu gue lagi suka bgt sama yang namanya ekonomi dan gue kangen aja belajar ekonomi.
singkat cerita, gue tes, di hari jumat, gue inget banget, pas pulsek, gue ikut. Dan, ternyata bukan gue, rein, john doang yang ikut dari kelas 11, tapi juga ada diva, fadhel, ansi, wow.
Dan ternyata, tes nya itu adalah nulis essay, yap essay, jadi kita kasih pendapat kita tentang suatu masalah, hm, gabanyak - banyak, 1/2 halaman aja kok. Tapi dalam waktu 10 menit. Hm, super duper pegel.
kata kak ian, kalo berhasil masuk seleksi, bakal diadain seleksi wawancara gitu, hm, dan pengumumannya bakal di sms gt deh.
Gue udah benerbener hopeless, dikirain ga bakal di sms, dan gataunya, gue berhasil di sms. Hm
dan lanjutlah gue ke tes wawancara.
ga susah, gue ditanya tentang peringkat gue paralel, sama ditanya, apa gue siap ikut EQ dengan segala soal ekomomi yang tarafnya susahbgt, kayak OSN dan tes sbmptn, tapi gue dulu benerbener polos jadi gue iya-in. Dan, setelah itu gue lagilagi diminta buat nulis essay 1/2 lembar hvs. hm
dan, lucky me, gue akhirnya diterima, dengan peringkat ke 3, dari berpuluh - puluh orang, gue pun masuk sebagai salah satu wakil dari sman 3 jakarta. tapi bukan mewakili EQ, gue mewakili ERP.
(sumber: darfians.blogspot.com)
(sumber: darfians.blogspot.com)
singkat cerita, akhirnya semuanya dikumpulin.
semua yang lolos dari semua cabang perlombaan. dan kagetnya gue, gue ngeliat ada kak bagus, kak lulu, kak pebri, kak belziv, dan kak ansor juga. And it means, that i'm the only one junior in that group.
awkward bgt.
setelah diterangin segala macem, gue baru tau, kalo gue super duper beruntung bisa masuk paper, kenapa? karena paper dr sman 3 jakarta itu dari 2012 itu berhasil masuk terus ke babak top 7, dan 2 kali menang sebagai juara 1. Seneng?bukan seneng lagi. Bangga maksimal dan gue ngerasain gimana deketnya gue bisa menyandang nama sebagai "mahasiswi UI"
dan, kak ian pun ngasih kita kebebasan nulis nama, siapa yang mau sekelompok, dan siapa yang ga mau sekelompok.
dan akhirnya, kelompok pun udah dibagiin.
waktu itu diumumin di ttc, inget bgt gue.
pertama yang dateng itu kak lulu, kak belziv, kak pebri, sama kak ansor, dan tinggal gue&kak bagus.
kak belziv, kak pebri, sama kak ansor duduknya sebelah - sebelahan.
akhirnya gue duduk di sebelah kak lulu. dan kak bagus dateng, dan duduk disebelah gue.
and, it's really a coincidence
ternyata, kelompok nya udah sesuai urutan, sebelah-sebelahan
kak lulu-gue-dan kak bagus
hm
gue merasa awkward, jujur aja, benerbener awkward, bahkan pertama kali gue kayak "omg kenapa gue ga sama kak belziv aja ya, di kan pinter, kak pebri juga, aduh, gue sama kak lulu lagi, gakenal, cuma tau dia kakaknya nabs, sama kak bagus, aduh cuma denger denger kalo dia ganteng aja"
dan kita dikasih tau kalo disuruh buat pertanyaan tentang SDM dan dibuat jawabannya.
gue bingung kan apa, akhirnya waktu itu gue buat apa gitu, gue lupa. kak lulu juga lupa pertanyaannya apa, cuma kak bagus pertanyaannya yang gue inget, tentang penggantian tenaga manusia pake mesin. dah.
dan, kak ian nyuruh kita kan supaya diskusiin ber3, dan kita ber3 benerbener bingung, gangerti lagi gimana, pusing, dan lagilagi kita belom kenal satusama lain, jadi awkward aja terus, dan tambah pusing lg karena gabisa ditarik benang merah tentang apa yang mau kita buat.
akhirnya kita nyerah. hmm
terus, akhirnya, kita ber3 kumpul lagi sama kak ian, lagi lagi di ttc, dan lagi - lagi kak lulu pertama kali dateng, lalu gue, dan baru kak bagus. dan kak bagus telat karenaaaa, dia harus ngebersihin rumah dulu, hadeu lol bgt sih kak bagus. hm. dan akhirnya di hari itu, kita udah netapin kalo kita mau bahas pendidikan, tapi itu baru tema kasarnya aja.
terus, pernah juga tuh, kita rencana janjian ber4 sama kak ian mau ke bps buat cari data, entah apa gue lupa&gangerti. gue pun udah diminis, lalu kak lulu, tapi kak bagus ga datengdateng, ternyata dia sakit, omg. dan akhirnya ga jadi ke bps, super sad.
lama ga ngebahas tentang kompek, akhirnya pas udah mau tahun baru, kak ian ngehubungin kita, dan minta kita kumpul di fe ui. dan untungnya kita ber3 bisaaa. yesh
waktu itu kesana naik mobilnya kak lulu, sama ansi juga, yes, ansi masuk juga sebagai wakil dr sman 3, tapi dia cabang debat inggris, sama fadhel.
kita disana disuruh bawa laptop, gue kak lulu bawa, tp kak bagus ga bawa, omg.
di perpus fe, kita input data, banyakbgt, sumpahh, data tentang aduh entah apa aja, gue lupa saking banyaknya, dan itu setiap provinsi di indonesia, kebayang ga susahnya gmnnn
selesai dari perpus, kita ke perpus ui, buat cari materi buat bikin bab2, gue bahas tentang teori snmptn, kak lulu kak bagus, entah bahas apa gue lupa.
di hari itu, gue seneng bgt, udah ga se awkward dulu lagi, udah pelan pelan nyatu, dan pelan pelan beradaptasi, dan di hari itu gue jg sadar, gue beruntung banget bisa sekelompok sama kak bagus sama kak lulu. one of the best thing i've ever had:)
to be continued...................
POSTED BY Azizah Putri N. Aini ON Sabtu, 21 Februari 2015 @ Sabtu, Februari 21, 2015